Indramayu Menawarkan Keindahan Wisata Pantai

Indramayu, info.kuncimaju.net- Setiap daerah, biasanya memiliki icon wisata tertentu. Seperti Bogor yang masyhur memiliki dataran tinggi yang sejuk bernama Kawasan Puncak, Yogyakarta yang mempunyai kelebihan dalam wisata budaya, dan Bandung yang dikenal luas sebagai kota kuliner nan kreatif.

Tidak jauh berbeda dengan kota-kota yang masing-masing memiliki kearifan menakjubkan itu, Indramayu pun mempunyai ciri khasnya tersendiri sebagai kota dengan wisata pantai.

Pantai Lemah Abang Eretan
Senja yang indah di salah satu sisi Pantai Eretan, Indamayu.

Sejumlah tempat wisata pantai yang dimiliki Indramayu, di antaranya adalah Obyek Wisata Tirtamaya, Pantai Balongan Indah, Pantai Juntinyuat, Pantai Glayem, Pantai (LA) Eretan, dan Pantai Tanjungpura. Semua tempat wisata tersebut berjejer dengan rapi dari ujung timur hingga ujung yang paling barat kabupaten Indramayu.

Di kota yang terpotong oleh aliran Sungai Cimanuk ini, wisata pantai merupakan destinasi favorit masyarakat untuk mengobati rasa bosan dan penatnya kehidupan. Dengan harga tiket yang rata-rata terbilang murah, obyek-obyek wisata ini terjangkau oleh hampir semua kalangan. Seluruh kelompok lapisan masyarakat, mulai dari yang berpangkat tinggi hingga yang belum bekerja, dari yang usianya renta hingga yang baru beranjak dewasa, semuanya terlihat membaur menjadi satu menikmati pelbagai keindahan yang disajikan pantai-pantai yang ada.

Pada umumnya, para wisatawan berlarian di hamparan pantai yang luas, ada pula yang bermain air dan beberapa di antaranya memberanikan diri untuk berenang, sebagian lainnya membangun ataupun menghancurkan bangunan pasir yang dimainkannya dengan riang. Pasir pantai yang terlihat bersih dari sampah dan lumpur, menggoda para pengunjung untuk bermain-main di atasnya.

Para wisatawan yang datang kesana, umumnya rela berbasah-basahan untuk merendam diri dalam air laut, dan berenang di tepian pantai. Walaupun rambut terlihat kusut dan kotor karena serangan pasir pantai, mata merah akibat terkena asinnya air laut, serta kulit gosong semakin menghitam karena terbakar matahari, namun para pengunjung obyek-obyek wisata itu terlihat sangat gembira dan menikmati semua kemeriahan yang ditawarkan pantai.

“Gak apa-apa kotor dan jadi hitam juga (kulitnya), soalnya main air begini kan enak. Jarang-jarang juga kalau udah pulang ke rumah mah main di pantai,” ungkap Agus yang datang jauh dari Majalengka.

Kontur pantai yang landai dan tidak curam dengan hiasan deburan ombak yang tak terlalu tinggi membuat para pengunjung seakan dimanjakan dengan keindahan dan ketenangan. Anak-anak pun berani dan tidak takut untuk berenang di pinggiran laut, meski orang tuanya tetap mengawasi dengan baik di dekatnya.

Selain ingin menikmati suasana pantai, masyarakat juga memiliki pertimbangan lain untuk datang ke tempat ini, yaitu menikmati sajian kuliner khas yang disuguhkan warga setempat.

Di obyek wisata pantai yang terletak di sepotong bagian timur Indramayu, seperti Obyek Wisata Pantai Tirtamaya, Pantai Balongan Indah, Pantai Glayem dan Pantai Juntinyuat, makanan khas masyarakat setempat yang menggoda untuk dinikmati adalah rumbah atau pecel, makanan berupa rebusan tauge, kangkung, kol, kulit melinjo, kacang panjang yang diguyur rapi dengan sambal terasi encer yang pedasnya cukup menyengat lidah.

Sementara itu, di pantai-pantai bagian lain Indramayu, seperti Pantai Eretan, dan Pantai Tangjungpura, kuliner khas yang mudah dijumpai di tangan para penjaja makanan setempat adalah sajian nasi hangat dengan tambahan pelbagai menu ikan bakar segar dan masakan laut lainnya. Adapun ikan bakar yang menjadi primadona kegemaran pengunjung adalah ikan etong, ikan laut segar yang dagingnya terbilang sangat banyak dengan duri-duri kecil yang seakan tidak terlihat sama sekali.

Dengan harga yang cukup terjangkau, kuliner khas ala pantura ini menjadi banyak digemari masyarakat yang datang. “Ikan (etong) sebesar begini harganya cuma Rp. 25.000, murah lah. Di Jakarta, bisa lebih dari Rp. 40.000,” tutur Jono yang berasal dari Jawa namun menjadi perantau di Jakarta.

Meskipun wisata-wisata pantai yang ada Indramayu telah berhasil menarik banyak pengunjung, terdapat beberapa kekurangan yang juga diperhatikan harus segera dievaluasi dan ditindaklanjuti oleh pemerintah, seperti pengurusan akses jalan yang mulus agar mudah ditempuh masyarakat dengan nyaman, penataan tempat pedagang dan pantai di sekitar laut Indramayu agar terlihat lebih rapi dan tertata, penyediaan fasilitas mandi bersih yang memadai, dan pembangunan wahana permainan anak yang lebih lengkap.

Tendy Chaskey

Bekerja di Deythaniez.Inc dan Madrasah Pembangunan UIN Jakarta. Pernah belajar di: Victoria University of Wellington dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sedang Melanjutkan Program Master di Universitas Indonesia - Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *