Kawasan Wisata Andalan Kabupaten Majalengka Bernama Argapura

Argapura adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Majalengka yang berada di bagian timur kabupaten tersebut. Wilayahnya berada di bawah kaki Gunung Ciremai dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Kuningan, yang juga dikenal sebagai surganya wisata.

Saat kita datang dan berkunjung ke Argapura, ternyata kita akan menemukan fakta-fakta alam lain yang ditawarkan oleh daerah ini. Disana, kita tidak hanya akan melihat sayur-sayuran segar ataupun pepohonan besar saja, namun juga akan menemukan banyaknya keindahan alam yang sangat menakjubkan.

Kecamatan yang memiliki ketinggian permukaan tanah yang bervariasi dari 200 meter hingga 2000 meter di atas permukaan laut ini, memiliki banyak potensi untuk dijadikan sebagai objek wisata alam. Beberapa di antaranya yang sudah terkenal adalah Curug Muara Jaya (masyarakat setempat menyebutnya sebagai Curug Apuy) di Desa Argamukti, Bumi Perkemahan Argalingga dan mata air kahuripan di Desa Argalingga, dan Green Canyon-nya Majalengka alias Gua Lalay yang ada di Desa Sukadana.

Selain objek-objek wisata tersebut, Argapura juga memiliki daya tarik lain yang dapat menggiurkan para pelancong yang ingin menikmati keindahan alam wilayah tinggi bagian timur Majalengka, bernama Desa Argamukti yang memiliki ladang hijau berundak-undak nan memanjakan mata di kawasan pertanian terasering Panyaweuyan.

Argapura
Salah satu spot untuk melihat pemandangan indah dari Argapura.

Dengan kondisi seperti itu, Kecamatan Argapura tidak lagi hanya dianggap sebagai daerah pertanian dan perkebunan saja, namun juga harus diberi catatan sebagai kawasan wisata andalan Kabupaten Majalengka.

Silahkan catat kawasan ini sebagai destinasi wisata anda!

Tendy Chaskey

Bekerja di Deythaniez.Inc dan Madrasah Pembangunan UIN Jakarta. Pernah belajar di: Victoria University of Wellington dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sedang Melanjutkan Program Master di Universitas Indonesia - Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *